Abstrak
Anida Mei Handini, Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI MIA SMA Darul ma?arif Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memberikan edukasi siswa terkait penggunaan Youtube sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitan ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru melakuka: (1) Perencanaan yaitu mempersiapkan suatu rencana perencanaan pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Youtube yaitu penyampaian materi, metode pembelajaran dan strategi pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran seperti penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Sehingga dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pendidikan agama Islam. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan Youtube kondisi jaringan yang tidak stabil mengakibatkan sebagian siswa mengalami kesulitan untuk mengikuti pembelajaran