Abstrak
Instagram adalah salah satu media yang paling aktif dan menawarkan keuntungan kepada pengguna yang mempunyai bisnis. Instagram tidak hanya memberi keuntungan kepada pengguna yang mempunyai bisnis namun bisa mempromosikan usaha orang lain ke orang lain dengan dimensi-dimensi unik yaitu online communities, interaction, sharing content, accessibility dan credibility. Penelitian ini fokus pada bagaimana strategi digital advertising dinas Kominfo (Tangerang TV) kota Tangerang di media sosial Instagram (studi kasus: dalam pengembangan UMKM Kuroffle.id). Penelitian ini menggunakan konsep sosial media marketing karena penelitian ini ingin mempelajari bagaimana sebuah strategi yang diterapkan oleh dinas kominfo (Tangerang TV) dalam mempromosikan produk UMKM yaitu Kuroffle.id, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif, dengan metode menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode penelitian menggunakan studi kasus. Data yang diperoleh dari observasi wawancara dan dokumentasi terhadap Kasi Tangerang TV terkait iklan atau promosi di Instagram Tangerang TV. Hasil penelitian ini memberikan arti ke peneliti bahwa Diskominfo menggunakan strategi media sosial dan memproses melalui konsep dan salah satu strategi yaitu reels Instagram sehingga memberikan kesan bahwa Diskominfo membantu meningkatkan penjualan produk (Kuroffle.id) UMKM dan di penelitian ini juga peneliti menemukan bahwa sebagai media yang memaparkan produk UMKM membuat konsumen lebih mudah mencari produk tersebut melalui jejaring media sosial.