Abstrak
Pembelajaran online merupakan salah satu penyebab yang timbul dari masa pandemi
covid-19. Sehingga perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem
pembelajaran online ini membuat mahasiswa harus beradaptasi atau menyesuaikan
metode pembelajaran baru. Pada akhirnya mereka sulit untuk beradaptasi dengan
kegiatannya dalam akademik dan menyebabkan mahasiswa mengalami gejala
stress karena banyaknya tekanan serta tuntutan akademik pada mahasiswa. Dengan
mengetahui keadaan saat ini, humor dapat dikatakan sebagai manfaat yang positif untuk
seseorang yang menggunakannya, seperti mengurangi tingkat stress atau kecemasan, serta
meningkatkan kesehatan psikologis seseorang yang sangat berpengaruh pada kreativitas
dan perkembangan kepribadian seseorang (Marwan, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh humor terhadap stress akademik mahasiswa tingkat akhir dalam
pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Responden dalam
penelitian ini adalah individu dengan rentang usia 20-25 tahun sebanyak 132 responden
mahasiswa tingkat akhir dengan penyebaran kuesioner secara online. Alat ukur yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Humor Styles Questionnaire (HSQ) yang
dikembangkan oleh Rod Martin dan Particia Doris (2003) yang berjumlah 32 item,
dengan koefisien alpha Cronbatch untuk skala uji sebesar 0,975, alat ukur ini digunakan
untuk mengukur gaya humor seseorang. Sedangkan skala Academic Stress Inventory
(ASI) yang dikembangkan oleh Lin, Ying Min & Farn Shing Chen (2009) dengan
jumlah 34 item, dengan koefisien alpha Cronbatch untuk skala uji sebesar 0,989, alat
ukur ini digunakan untuk mengukur tingkat stress akademik pada seseorang. Hasil analisa
data menunjukkan nilai koefisien r sebesar .627 dan nilai R Square sebesar .393
dengan nilai sig .000 yang berarti variabel humor memiliki pengaruh terhadap
variabel stress akademik sebesar 39,3% dan sisanya yaitu 60,7% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti. Maka dapat diartikan bahwa HA pada
penelitian ini diterima dan H0 ditolak.