Abstrak
Pada tahun 2020, wabah penyakit COVID-19 masuk ke Indoensia. Hal ini membuat pemerintah memutuskan mengubah pembelajaran dari tatap muka menjadi jarak jauh atau daring (Darlan, 2020). Namun, mahasiswa merasa pembelajaran jarak jauh membuat motivasi mereka untuk belajar justru menurun. Salah satu hal yang membuat motivasi belajar menurun adalah rendahnya kepercayaan diri serta kemampuan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari mengenai pengaruh self-esteem terhadap Motivasi belajar terhadap mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Responden penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang sedang menjalani pembelajaran jarak jauh yang berjumlah 232 orang yang berusia 16-24 tahun. Variabel self-esteem menggunakan skala RSES (Roseberg Self-Esteem Scale) yang berjumlah 10 item dan Skala Motivasi Belajar yang berjumlah 24 item. Hasil penelitian menunjukkan R Square .283 dengan sig .000 yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara self-esteem terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Maka semakin tinggi self-esteem semakin tinggi juga tingkat motivasi belajar mahasiswa.