Abstrak
Guru honorer yang memiliki honorium dibawah UMR mengakibatkan Guru
honorer menjadi stress. Pada umumnya invididu yang memiliki Psychological
Well-Being yang tinggi merupakan individu yang mendapatkan dukungan
sosial yang baik. Apabila guru honorer mendapatkan dukungan sosial maka
akan memperoleh Psychological Well-Being yang tinggi dan dukungan sosial
juga membantu guru honorer untuk memperoleh Psychological Well-Being.
Subyek penelitian ini sebanyak 106 responden yang berprofesi sebagai guru
honorer disekolah swasta wilayah Jakarta Timur. Skala dalam penelitian
menggunakan skala dukungan sosial dan Psychological Well-Being.
Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,462
dengan nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan dibawah 0,01 yang berarti
adanya hubungan signifikan yang positif antara dukungan sosial terhadap
Psychological Well-Being pada guru honorer disekolah swasta wilayah jakarta
timur, bahwa semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh, maka semakin
tinggi Psychological Well-Being pada guru honorer