Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan konsep diri dengan self
regulated laearning pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Metode yang
digunakan adalah kuantitatif dengan analisis pearson korelasional, dengan analisis
statistik SPSS 24. Adapun subjek yang dilibatkan terdiri dari 85 mahasiswa lakilaki dan 215 mahasiswi perempuan yang berdomisili atau berkuliah di Kota
Jakarta dan sedang melaksanakan perkuliahan daring (N=300). Dua instrumen
penelitian yang digunakan adalah Tennessee Self Concept Scale (TSCS) dari Fitts
yang diadaptasi oleh HW Marsh & GE Richard (1987) untuk mengukur konsep
diri yang berjumlah 17 item, dan Online Self Regulated learning Questionnaire
(OSLQ) dari Barnard dkk (2009) untuk mengukur self regulated learning yang
berjumlah 22 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif
yang signifikan antara konsep diri dengan self regulated learning pada mahasiswa
di masa pandemi Covid-19 (r= 0,795, p<0.01). Adapun konsep diri memiliki
hubungan dengan self regulated learning sebesar 79,5%, maka dapat disimpulkan
bahwa uji hipotesis menunjukkan Ha diterima.