Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan konsep diri dengan self regulated laearning pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis pearson korelasional, dengan analisis statistik SPSS 24. Adapun subjek yang dilibatkan terdiri dari 85 mahasiswa lakilaki dan 215 mahasiswi perempuan yang berdomisili atau berkuliah di Kota Jakarta dan sedang melaksanakan perkuliahan daring (N=300). Dua instrumen penelitian yang digunakan adalah Tennessee Self Concept Scale (TSCS) dari Fitts yang diadaptasi oleh HW Marsh & GE Richard (1987) untuk mengukur konsep diri yang berjumlah 17 item, dan Online Self Regulated learning Questionnaire (OSLQ) dari Barnard dkk (2009) untuk mengukur self regulated learning yang berjumlah 22 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan self regulated learning pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19 (r= 0,795, p<0.01). Adapun konsep diri memiliki hubungan dengan self regulated learning sebesar 79,5%, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis menunjukkan Ha diterima.