Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self disclosure dengan academic adjustment pada siswa SMPN6 Depok. Penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling dengan total responden berjumlah 301 siswa yang berusia 13 ? 16 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ialah kuantitatif dengan teknik analisa data korelasi menggunakan bantuan software SPSS versi 24. Terdapat dua alat ukur digunakan pada penelitian, yaitu Student Adaptation to Collage Questionnaire (SACQ) yang dikembangkan oleh Baker & Siryk (1984) dan Revised Self Disclosure Scale (RSDS) dari Wheeless (1978). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara self disclosure dengan academic adjustment pada siswa SMPN 6 Depok yang sedang berada pada masa transisi sistem PJJ menuju PTMT (r=0,896, p<0,01). Diketahui bahwa self disclosure memiliki hubungan dengan academic adjustment siswa sebesar 89,6%, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk mengontrol dan menetapkan secara presisi jumlah responden yang setara berdasarkan demografi jenis kelamin dan tingkatan kelas. Kata kunci : academic adjustment, self disclosure, Pembelaj