Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran guru Tahfidz dengan menggunakan aplikasi google meet dalam meningkatkan minat baca al-qur?an pada masa pandemi covid-19 di MTs SA Riyadul Bayan Parung Panjang Bogor. Pada penelitian ini mendapatkan hasil wawancara dan observasi langsung dari peserta didik tentang efektivitas pembelajaran guru tahfidz dengan menggunakan aplikasi google meet dalam meningkatkan minat baca Al-Qur?an pada masa pandemi covid-19 di MTs SA Riyadul Bayan Parung Panjang, Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara melihat langsung dan mewawancarai pihak terkait untuk mendapatkan data .Untuk mengetahui kegiatan proses belajar mengajar di sekolah secara daring. Pembelajaran daring yang memudahkan kegiatan secara afektif bagi peserta didik agar anak dapat mempunyai rasa minat baca Al-Qur?an dalam kegiatan diluar disekolah. Responden penelitian kualitatif yang menjadikan untuk sampel dari peserta didik dikelas IX yang berjumlah sekitar 29 peserta didik yang dipilih sebagai acuan. Berdasarkan hasil wawancara dengan dikuatkan oleh hasil hafalan yang disetorkan tiap minggunya dan di catat dengan buku panduan tahfidz.