Abstrak
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan field search ( penelitian lapangan) untuk pengolahan data yaitu reduksi data dan penyajian data sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi . Hasil penelitian pemanfaatan video pembelajaran pada pembelajaran PAI dalam pembelajaran daring di SDI Al-Falah I Petang untuk anak kelas 2 SD yaitu video pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru Pendidikan Agama Islam. Dan di dalam video seperti mengajar di sekolah yaitu kegiatan awal menyapa peserta didik dan membaca doa, kegiatan inti menyampaikan materi, kegiatan akhir memberikan tugas kepada peserta didik. Dengan pemanfaatan video dalam pembelajaran daring membuat anak menjadi mudah dalam belajar dan sangat efektif untuk siswa dalam memahami pembelajaran karena guru dalam mengajar menggunakan gaya belajar anak sehingga pelajaran yang disampaikan masuk serta dapat diingat oleh siswa. Menurut orang tua siswa pembelajaran daring dengan pemanfaatan video membuat siswa mudah dalam belajar serta lebih mengerti yang disampaikan oleh gurunya dan cukup efektif dan membantu siswa untuk belajar. Respon orang tua siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran menggunakan video begitupula peserta didik juga merasa senang belajar dengan video. Selain video guru Pendidikan Agana Islam menggunakan Voice Note untuk menghafal surat-surat pendek dan untuk penugasan melalui Whatsappgrup. Faktor pendukung yaitu mempunyai handphone, kuota internet dan guru memiliki internet di rumah, dalam membuat video guru memiliki alat penunjang faktor penghambat dalam pembelajaran daring yaitu siswa tidak memiliki handphone sendiri dan tidak tersedia kuota.