Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an di TPQ El-Birru, serta mengetahui hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru TPQ El-Birru dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan secara langsung. Strategi merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan tujuan peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dari penerapan strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an di TPQ El-Birru dapat dikategorikan baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur?an pada anak. Strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan sistem klasikal dan sorogan. Adapun hambatan yang dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu kurangnya fokus dan semangat santri dan santri sulit untuk memahami materi.