Abstrak
Penelitian ini berkaitan dengan peran orang tua dalam mengajari anaknya di rumah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa peran orang tua atau wali murid TPQ baitul qur?an dalam mengajari anaknya al-qu?an di rumah. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana perbedaan cara atau metode pembelajaran yang diberikan di TPQ dan di rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data yang didapatkan di interpretasikan lalu di deskripsikan. Penelitian dilakukan di TPQ Baitul QUR?AN Jl. Haji Nawi Gandaria Selatan Jakarta Selatan. Dari hasil penelitian di dapatkan ada sekitar 15 wali murid dari 20 wali murid dengan hasil wawancara yang berkaitan dengan data yang dibutuhkan, selain dengan wawancara penelitian ini juga dilakukan dengan observasi non partispan dengan cara mengamati secara langsung di TPQ baitul qur?an dan mendokumentasikannya. Kemudian setelah terkumpulnya data yang dibutuhkan, dilakukan analisis data dengan reduksi atau penyederhanaan data yang dibutuhkan saja, lalu disajikan dalam bentuk narasi kemudian menyimpulkan nya. Berdasarkan data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa, peran orang tua dalam pembelajaran al-qur?an bagi anak usia dini sangat diperlukan untuk dibimbing, di didik, dan mengayomi anak di dalam rumah, adapun kesulitan yang dialami oleh guru dan orang tua adalah anak kerap kali fokus anak teralihkan ke bermain handphone/game online dari pada harus belajar.