Abstrak
Penulis melakukan penelitian ini, ingin mengetahui mengenai apa yang menjadi konsep dalam pendidikan Islam dalam perspektif Buya Hamka. Penulis pada penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif, kajian pustaka (library research). Menggunakan metode metode analisis kualitatif yaitu secara spesifik mencari keterhubungan, persamaan, maupun sebuah pengaruh, hingga memunculkan kesimpulan yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Selanjutnya dilakukan analisis secara deduktif dan induktif yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh selama penelitian dilakukan sehingga dapat ditarik kesimpulan penulis menggunakan Lembaga Hidup, Falsafah Hidup, Ayah, Pandangan Hidup Muslim sebagai 4 buku primer dalam menganalis mecari data mengenai pemikiran-pemikiran Buya Hamka. Kemudian muncul beberapa analis mengenai pemikiran-pemikiran Buya Hamka dan terdapat beberapa komponen pendidikan Islam dalam pemikiran Buya Hamka.