Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cengkareng Barat 14 Pagi Jalan Jaya VIII Cengkareng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki desain riset studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Yang di Implementasikan oleh guru-guru Sekolah dasar Negeri Cengkareng Barat 14 Pagi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Telah Di Terapkan di Sekolah Dasar Negeri Cengkareng Barat 14 Pagi ini, Yang di mana guru-guru Mengedepankan peserta didik untuk mengembangkan secara mandiri potensi yang terdapat pada masing-masing individu agar lebih berkembang sesuai dengan arahan dan bimbingan guru-guru di sekolah.