Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kedua teknik evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan quizizz dan kahoot terhadap prestasi belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini ialah 2 kelas X MIPA dan 2 kelas X IPS di SMA Negeri 3 Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan analisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji Wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian, hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dalam perhitungan penggunaan quizizz dan kahoot masing-masing memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Sehingga diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PAI dengan menggunakan quizizz dan kahoot.