Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa efektif penggunaan media berbasis video pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 29 Jakarta. Guru pendidikan agama islam berperan penting dalam mengajarkan mata pelajaran pendidikan agama islam, yang dimana mata pelajaran pendidikan agama islam mengajarkan para peserta didik, seperti materi tentang shalat, puasa, zakat, dan lain-lain. Dalam hal ini penggunaan media video sangat membantu dalam menjelaskan materi pendidikan agama islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang dimana pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan data melalui wawancara, penulis mewawancari seorang guru dan beberapa murid di SMPN 29 Jakarta. Lalu dalam pengambilan data melalui observasi, penulis mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru SMPN 29 Jakarta dan penulis dapat mengambil data berupa dokumentasi dari hasil observasi tersebut. Dan hasil dari penelitian ini penggunaan media video sering digunakan oleh guru pendidikan agama islam dalam proses pembelajaran, yang dimana dari hasil wawancara bersama murid penggunaan media video dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam, sering digunakan sebanyak 1-3x dalam seminggu. Dan adapun faktor pendukung dalam penggunaan media video yaitu: Ketersediaan Fasilitas, Peserta didik lebih tertarik terutama dengan hal-hal yang baru sehingga tidak membuat peserta didik jenuh selama pembelajaran berlangsung, Ketersediaan Kuota internet serta penghambat dalam penggunaan media video yaitu: informasi yang ditampilkan melalui video kurang jelas sehingga peserta didik tidak memahami apa yang disampaikan dari video yang ditampilkan, beberapa peserta didik enggan membuka link video yang diberikan oleh pendidik sebelumnya.