Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kebiasaan membaca Al-Qur?an diawal pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 154 Jakarta tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A-VIII E SMP Negeri 154 Jakarta yang berjumlah 216 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional sampling. Diketahui hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur?an terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam diperoleh nilai signifikansi 0,046 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur?an diawal pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 154 Jakarta.