Abstrak
Kemerosotan nilai karakter religius pada penduduk Indonesia yang beragam Islam ditandai dengan adanya temuan 65% penduduk Indonesia beragama muslim tidak bisa membaca Al Qur?an. Mendapatkan perhatian dari Pemerintah melalui kebijakan-kebijakan yang berisi anjuran pengadaan program-program yang dapat mengembangkan nilai karakter religius bagi siswa di seluruh lembaga pendidikan. Menyikapi hal itu, sekolah memfasilitasi untuk mengatur kegiatan yang dapat mengembangkan nilai karakter religius siswa sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia dalam kebijakan-kebijakannya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi dari kegiatan tadarus Al Qur?an di SMKN 55 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Dengan narasumber yang dimintai keterangan adalah guru PAI sebagai penanggung jawab pelaksana, dan Kepala SMKN 55 Jakarta sebagai regulator. Berdasarkan hasil uji yang sudah dilakukan bahwa diperoleh melalui SK SMKN 55 Jakarta dan kegiatan wawancara adalah gambaran pelaksanaan kegiatan tadarus Al Qur?an serta tindak lanjut dari pelaksanaan tersebut.