Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap bias gender dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kemendikbud RI Kurikulum 2013 Revisi 2017 menggunakan metode Critical Discourse Analysis (CDA) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kemendikbud RI Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang digunakan sekolah secara nasional berisi bias gender jika dilihat pada aspek kemunculan 3 aspek yakni secara visual ditemukan masing-masing terindikasi 4 indikator bias gender yakni diskriminasi, stereotip, subordinasi dan marginalisasi dengan total perbandingan visual anntara laki-laki dan perempuan adalah 31:23, tekstual 7:8 dan substansial 33:12. Oleh karena itu, perlu adanya revisi materi terhadap buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kemendikbud RI Kurikulum 2013 Revisi 2017.