Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran e-learning berbasis whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 60 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran angket kuesioner untuk variabel X dan dokumentasi melalui nilai rapor peserta didik kelas XI IPA semester genap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk variabel Y. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI IPA SMAN 60 Jakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dan rumus yang digunakan ialah rumus slovin, sehingga diketahui jumlah responden sebanyak 106 peserta didik dari populasi yang berjumlah 144 peserta didik. Metode analisis data yang digunakan ialah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 25 pada perangkat komputer. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh yang signifikan variabel pembelajaran e-learning berbasis whatsapp terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 60 Jakarta pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 7,208 dengan nilai koefisien korelasi (b) yaitu 0,383 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, hal tersebut membuktikan bahwa H0 dalam hipotesis penelitian ini ditolak dan H1 diterima.