Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur?an bagi tunanetra di Yayasan Raudlatul Makfufin. Fokus penelitian disini yaitu pada santri-satri Yayasan Raudlatul Makfufin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dan sumber data yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara dengan kepala pesantren Yayasan Raudlatul Makfufin. Proses pembelajaran bagi disabilitas netra di Yayasan Raudlatul Makfufin tidak tidak berbeda jauh dengan metode belajar pada umumnya, hanya saja mereka perlu di latih lagi dalam menggunakan indera kepekaan dan perabannya. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran bagi tunanetra pun sama dengan metode belajar pada umumnya. Penggunaan media belajar yang tepat akan lebih mudah memproses kegiatan belajar mengajar. Media utama yang digunakan para peserta didik tunanetra yaitu Qur?an braille. Peran media disini sangat dibutuhkan bagi anak berkebutuhan khusus dalam memahami materi pelajaran, hal ini dapat menghilangkan rasa perbedaan dalam diri mereka, serta merasakan hak belajar yang sama dengan anak-anak normal pada umumnya.