Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al- Quran Hadits di MA Al-Khairiyan Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis korelasi (correlational research) bertujuan untuk mengetahuai besarnya pengaruh antara kedua variabel bebas dan terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Al- Khairiyah Jakarta Utara tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 99 siswa. Sampel berjumlah 50 orang yang ditentukan dengan metode pengambilan sampel yaitu Sampling Kouta. Data tentang kompetensi pedagogik guru diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan pada sampel penelitian sedangkan data tentang hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rapot. Data dianalisis secara statistk dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan 2 temuan, yaitu: (1) Kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran hadits di MA Al-Khairiyah Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan menggunakan uji signifikansi F dengan diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 22,375, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian berdasarkan uji signifikansi T, diketahui bahwa nilai T hitung Sebesar 4,730, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Berdasarkan hasil nilai R Square 0,318 diprosentase menjadi 31,8% hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajar Al-Quran hadits sebesar 31,8%.