Abstrak
Persoalan yang di hadapi oleh guru mata pelajaran Fikih dalam penggunaan Google Classroom salah satunya adalah penyampaian materi Fikih kepada peserta didik yang berkaitan dengan praktik atau hafalan. Hal ini disebabkan oleh Keterbatasan sumber belajar berbasis teknologi komputer dan telekomunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 22 Jakarta, Belum optimal dalam pencarian sumber belajar, Pendidik maupun peserta didik seringnya mengalami gangguan jaringan saat mengakses pembelajaran, dan Terkendala kouta internet saat pembelajaran, berangkat dari persoalan tersebut maka dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Fikih yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 22 Jakarta, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif sebagai metode yang pas untuk memahami suatu fenomena atau kejadian disekitar dengan terlibat secara langsung untuk kemudian dijelaskan berdasar hasil penelitian dan didukung teori ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni observasi, wawancara kepada guru Fikih dan dokumentasi dalam bentuk catatan maupun dalam bentuk rekaman audio wawancara serta catatan pendukung lainnya, sedangkan proses pengolahan dan analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta vertifikasi. Setelah dilakukan prosespenelitian maka diperoleh hasil yang menunjukan bahwa penggunaan Google classrom mampu membantu guru dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 22 Jakarta. Dari hasil tersebut memberikan bukti bahwa dengan menggunakan Google Classroom membantu pelaksanaan pembelajaran Fikih yang berada di Madrasah Aliyah Negeri 22 Jakarta.