Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup SMP Sultan Hasannuddin dalam meningkatkan Literasi Baca Tulis Al-Quran. SMP Sultan Hasannuddin merupakan Lembaga Pendidikan formal. Lembaga Sekolah sangat mudah dijumpai di negeri ini karena untuk mendirikannya tidaklah sulit. Sudah sepantasnya kita umat muslim tahu peran dan fungsi Lembaga pendidikan formal dalam masyarakat, dan juga apa saja upaya Lembaga Pendidikan memberikan kontribusinya ditengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu peneliti merasa penelitian ini sangat penting sebab sebagai salah satu masyarakat muslim terbesar di dunia, yaitu Indonesia, kita juga akan secara langsung maupun tidak langsung akan bersentuhan dengan lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Sultan Hasannuddin di Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran , Jakarta Selatan. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran dan murid yang sudah dipilih untuk diwawancarai secara mendalam dengan tujuan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini dan kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Dari hasil penelitian yang didapatkan dari SMP Sultan Hasanuddin dapat diketahui bahwa lembaga pendidikan formal ditengah-tengah masyarakat Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan perannya sangatlah besar dikarenakan lembaga pendidikan formal merupakan lembaga yang memberikan pengajaran dan pemahaman agama bagi masyarakat dengan menjadi wadah sekaligus tempat belajar mengajar, wadah kegiatan dan berkreativitas bagi masyarakat.