Abstrak
Ada beberapa faktor yang menjadi permasalahan dalam proses belajar siswa, salah satunya ialah faktor minimnya minat dan motivasi siswa dalam proses belajar di kelas ialah, ?gaya penyampaian materi dari guru ke siswa yang sangat monoton, bahkan tidak menarik minat siswa sama sekali. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tutor sebaya di dalam kelas dan mengetahui dampak penerapan metode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa di kelas. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Studi Kasus. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan 3 tahap yaitu : Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Data Conclusion/Verification. Hasil yang didadapatkan dari penelitian ini ialah sebelum menerapkan tutor sebaya, guru harus melakukan test untuk melakukan pemetaan untuk nantinya dapat di bedakan mana yang akan menjadi tutor dan mana yang akan diajar oleh si tutor, dampak penerapan metode tutor sebaya ialah pengerjaan tugas menjadi lebih cepat selesai karena tutor menjelaskan materi dengan baik dan penyampaian yang mudah dimengerti, terciptanya suasana kelas yang aktif, suasana kelas menjadikan siswa senang belajar di kelas dan semangat saat proses pembelajaran berlangsung .