Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Alam School Of Universe. Jl. Raya Parung No.314, Pemagarsari, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki desain riset studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana konsep Pendidikan Humanis yang diterapkan para guru-guru pada Sekolah Alam School Of Universe Parung, Bogor, Jawa Barat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa metode Pendidikan yang diterapkan Sekolah Alam School Of Universe sangatlah humanis. Yang di mana dalam metode pembelajarannya para guru-guru lebih mengedepankan dialog dengan rasa cinta dan kasih kepada peserta didiknya dan lebih mengembangkan potensi para peserta didik. Dengan program outing yang dimana metode pembelajaranya di luar sekolah, program magang wajib yang diadakan pada 3 bulan sekali dalam jangka waktu 1 bulan, dan setelah program magang wajib itu para peserta didik melakukan magang sesuai bakat minatnya, hal ini untuk mengembangkan mental bisnis dengan metode magang dan belajar pada ahlinya (learn from maestro) program outing yang di mana peserta didik lebih banyak belajar di luar sekolah untuk mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru serta melatih sifat kepemimpinan yang berpedoman pada nilai-nilai Al-Qur?an dan Hadist.