Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Palmatak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, data hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Palmatak. Data yang peneliti peroleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi whatsapp memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan t hitung sebesar 20,931 sedangkan t tabel 2,052 pada tarif signifikan 0,05. Berdasarkan dari t hitung tersebut lebih besar dari t tabel sehingga hipotesis diterima, hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Palmatak.