Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online berbasis Zoom Meeting terhadap hasil belajar siswa di MA Al-Khairiyah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Al-Khairiyah Jakarta Selatan tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitan ini ditentukan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan alat bantu SPSS V.25 for wimdows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online berbasis Zoom Meeting yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di MA Al-Khairiyah Jakarta Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung > F tabel (52,581 > 4,11) memiliki tingkat signifikansi < 0,05 dan hasil 𝑅2y = 0,60,7 menunjukkan bahwa pembelajaran online berbasis Zoom Meeting memilki pengaruh yang signifikan sebesar 60,7% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.