Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI perhotelan, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Covid-19 Di SMK Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi partisipasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa Covid-19 dilakukan secara daring, RPP yang digunakan sesuai dengan Permendikbud No.22, jadwal mata pelajaran PAI menggunakan sistem blended learning, alokasi waktu PAI pada hari kamis dari jam 07.00-08.30 AM, bahan ajar yang digunakan berupa Al-Qur?an, buku elektronik sekolah, Youtube. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, group investigation dan penugasan. Sosial media yang digunakan berupa aplikasi penunjang Seperti zoom, G-Meet, seperti WhatsApp, Google Classroom, Edmodo, Youtube, Quizziz saat pembelajaran daring. Strategi yang digunakan berupa strategi kooperatif, inquiry, dan pemberian motivasi. Sistem evaluasi berupa tes tertulis, tes lisan, instrument penilaian berupa pilihan ganda, essay, hafalan, penugasan dan projek. (2) Ada beberapa faktor pendukung dalam pembelajaran daring berupa sosial media, bantuan kuota pemerintah. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran daring ialah sinyal jelek, kuota terbatas, kurang motivasi dari diri siswa, dan kurang paham terhadap materi.