Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI perhotelan, faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa
Covid-19 Di SMK Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa observasi partisipasif, wawancara semi terstruktur, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi
pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa Covid-19 dilakukan secara daring,
RPP yang digunakan sesuai dengan Permendikbud No.22, jadwal mata pelajaran PAI
menggunakan sistem blended learning, alokasi waktu PAI pada hari kamis dari jam
07.00-08.30 AM, bahan ajar yang digunakan berupa Al-Qur?an, buku elektronik
sekolah, Youtube. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, group
investigation dan penugasan. Sosial media yang digunakan berupa aplikasi penunjang
Seperti zoom, G-Meet, seperti WhatsApp, Google Classroom, Edmodo, Youtube,
Quizziz saat pembelajaran daring. Strategi yang digunakan berupa strategi kooperatif,
inquiry, dan pemberian motivasi. Sistem evaluasi berupa tes tertulis, tes lisan,
instrument penilaian berupa pilihan ganda, essay, hafalan, penugasan dan projek. (2)
Ada beberapa faktor pendukung dalam pembelajaran daring berupa sosial media,
bantuan kuota pemerintah. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran daring
ialah sinyal jelek, kuota terbatas, kurang motivasi dari diri siswa, dan kurang paham
terhadap materi.