Abstrak
Organisasi pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) cukup penting untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat yang dimiliki peserta didik. Namun, dilain sisi keaktifan berorganisasi yang dilakukan peserta didik dinilai cukup memberikan pengaruh kurang baik terutama terhadap nilai kognitif atau akademik di sekolah. Hal ini yang menjadikan peneliti mencari tahu apakah ada hubungan keaktifan berorganisasi (OSIS) terhadap nilai kognitif peserta didik di SMA Negeri 5 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner, nilai rapor, dan wawancara untuk mendapatkan data penelitian. Analisis deskriptif dikembangkan dari ketiga metode pengumpulan data tersebut yang diolah sesuai tujuan penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan bantuan aplikasi pengolah data berupa SPSS (Statistikal Package for the Social Sciensversi) versi 25 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keaktifan berorganisasi terhadap nilai kognitif peserta didik di SMA Negeri 5 Jakarta yang menghasilkan tingkat korelasi lemah atau rendah dengan hasil r-hitung > r-tabel, yaitu sebesar 0,212>0.3338.