Abstrak
Penulis Melakukan penelitian ini dalam ruang lingkup pengaruh model pembelajaran Poster coment dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak tiga kelas, yaitu kelas VIII B, Kelas VIII G, dan kelas VIII H. dan untuk samplenya adalah kelas VIII B Sebagai kelas Kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Adapun kelas VIII H sebagai kelas uji coba dalam menentukan uji validitas soal. Metode pengumpulan data menggunakan Pre test dan Post test yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas serta uji prasyarat . Setelah data terkumpul semua, maka dilakukan analisis dengan menggunakan analisis independent sample t test. Berdasarkan analisis data, didapatkan SIG 2 ( tailed ) sebesar 0,000 < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan belajar yang signifikan. Dan diperoleh nilai t hitung sebesar 29,424 mengartikan bahwa lebih besar dat t table yaitu sebesar 2,001. Berdasarkan perhitungan analisis data dapat di tarik sebuah kesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran poster coment dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP NEGERI 177 PESANGRAHAN, JAKARTA SELATAN.