Abstrak
Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 3 kelas VII-1 VII-2 VII-3 dan sample nya adalah kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 Sebagai kelas control. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang telah dilakukan uji validitas dan uji realibilitas serta uji prasyarat analisis. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis, menggunakan analisis independent sample t test berdasarkan hasil analisis data didapatkan Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < dari 0,05. Maka diartikan terdapat perbedaan hasil belajar pada data pretest dan posttest yang artinya bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan diperoleh nilai t hitung sebesar 8.883 mengartikan lebih besar dari t tabel yaitu 1.997 (8.883>1.997) berdasarkan perhitungan analisis diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di madrasah tsanawiyah Al-Islamiyyah Jakarta.