Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Pendidikan pada Pondok Pesantren Daarel-Qolam Era Abad 21. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan cara untuk mendapatkan data maka digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah konsep Pendidikan pada Pondok Pesantren Daarel-Qolam Era Abad 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep Pendidikan pada Pondok Pesantren Daarel-Qolam Era Abad 21, didasarkan beberapa konsep antara lain : Media Pembelajaran yang berbasis teknologi, seluruh santri di perbolehkaan membawa media pembelajaran berbasis teknologi, tersedianya sumber belajar di setiap asrama santri sudah berbasis teknologi, pesantren sudah menggunakan Ujian Nasional menggunakan berbasis teknologi, metode pembelajaran yang di terapkan pesantren sudah baik, kurikulum yang di terapkan pesantren yaitu mengkombinasikan dengan kurikulum 2013, Perangkat pembelajaran pondok pesantren sudah terlaksana dengan baik dan proses Pembelajaran di pesantren sudah sepenuhnya menggunakan akses internet.