Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN 207 Jakarta. Keteladanan guru sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan karakter siswa. Karena mencontoh pribadi gurunya dalam proses pembentukan karakter siswa. Terutama seorang guru dapat menunjukkan keteladanan cukup baik. Dengan memberikan contoh yang baik dapat menunjang pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMPN 207 Jakarta. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang sudah dipilih untuk diwawancarai secara mendalam dengan tujuan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini dan kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Dari hasil penelitian yang didapatkan dari sekolah SMPN 207 Jakarta dapat diketahui bahwa peran keteladanan guru sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa, adanya keteladanan yang baik dari seorang guru, memberikan dorongan beserta motivasi kepada siswa tentang arti penting disiplin bagi kehidupan sehari-hari, memberikan pendidikan karakter siswa pada saat guru melakukan pembelajaran di kelas, disaat mengajar guru harus pandai dalam menjaga sikap untuk memberikan contoh yang terbaik, mengajarkan nilai moral pada pembelajaran, jujur pada diri sendiri dan terbuka pada kesalahan, mengajarkan sopan santun kepada peserta didik. Karakter siswa secara umum sudah baik, jujur, suka menolong, patuh melaksanakan tugas-tugas dan hormat kepada guru..Faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa yaitu dari keluarga, lingkungan dan sekolah dan juga adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua. Adapun faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa yaitu dari keluarga yang kurang memperhatikan sikap dan perilaku anaknya dan juga dari teman bermain, lingkungan masyarakat.