Abstrak
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan pemahaman produk terhadap minat pelaku UMKM menggunakan pembiayaan pada bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatatif dengan data primer. Menggunakan Probability Sampling untuk pengambilan sampel dengan sampel sebanyak 73 pedagang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel (X1) Literasi Keuangan Syraiah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembiayaan (Y) dengan t hitung sebesar 3,042 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,9944 dengan tingkat sig. 0,003(< sig. 0,05), variabel (X2) Pemahaman Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel minat pembiayaan (Y) dengan t hitung sebesar 3,036 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,9944 dengan tingkat sig. 0,003(< sig. 0,05), dan variabel (X1) Literasi Keuangan Syariah dan (X2) Pemahaman produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Pembiayaan (Y), yaitu nilai F hitung sebesar 37,747 dengan nilai signifikansi dengan taraf signifikansi α adalah 0,000 dengan perbandingan nilai sig < α (0,000 < 0,05).