Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah Di SMA 101 Joglo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan cara untuk mendapatkan data maka digunakan observasi, wawancara dan angket. Subyek penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam pembelajaran Ilmu Tajwid materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah di kelas XI IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendorong kesulitan siswa dalam pelajaran Ilmu Tajwid materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah, didasarkan beberapa faktor antara lain : latar belakang sekolah, kurangnya Pelayanan, kurangnya keminatan atau keinginan belajar bersungguh-sungguh, para siswa yang masih memiliki rasa malas, pengucapan huruf hijaiyah yang terlalu kaku, kurang nya bimbingan dari orang tua, keadaan di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah yang kurang mendukung usaha siswa dalam mempelajari Ilmu Tajwid materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah.