Abstrak
Gawai merupakan perangkat media elektronik yang memiliki beragam fungsi dan kegunaan. Saat ini gawai memang sudah menjadi bagian dari kehidupan, bahkan gaya hidup manusia. Penggunaan gawai memiliki berbagarai aspek negative dan positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran adiktif gawai terhadap siswa-siswi SMA Muhammadiyah 5 Jakarta.Metode penelitian yang digunakan cross sectional dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sistem random sampling. Populasi dalam penelitian ini murid kelas 11 dan 12 SMA Muhammadiyah 5 Jakarta diambil sampel sebanyak 147 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Analisis data menggunakan uji chisquare. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan sikap (p=0,000), frekuensi (p=0,000), stress (p=0,000) dan peran guru (p=0,000) dengan kualitas tidur. Sedangkan tidak ada hubungan antara pengetahuan (p= 0,009) dengan kualitas tidur dan peran orang tua (p= 0,014). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan perlunya murid merubah sikapnya, merubah frekuensi lama bermain gawai, mengatur manajemen stress, dan mendengarkan masukan dari guru yang mengajar di sekolah.