Abstrak
Beban kerja adalah salah satu komponen penting dalam kebutuhan tenaga kerja.
Sehingga perlu adanya kesesuaian antara jumlah tenaga kerja dengan beban kerja di
suatu unit pelayanan. Salah satu metode untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja
dengan menggunakan metode Workload Indicators Staffing of Need (WISN) dimana
metode tersebut dapat menunjukkan besarnya kebutuhan tenaga pada sarana kesehatan
berdasarkan beban kerja, sehingga lokasi atau relokasi akan lebih mudah dan rasional,
ada 5 langkah perhitungan WISN yaitu 1. Menetapkan waktu kerja tersedia, 2.
Menetapkan unit kerja dan kategori SDM, 3. Menyusun Standar Beban Kerja, 4.
Menyusun Standar Kelonggran, 5. Jumlah perhitungan kebutuhan SDM. Penelitian ini
dilaksanakan di Unit Rekam Medis RSIA Brawijaya Duren Tiga Jakarta Selatan selama
6 hari kerja, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk perhitungan
menggunakan WISN yang didapat hasil dari formulir Work Sampling dan untuk data
pendukung nya seperti wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian
didapatkan penggunaan waktu kerja petugas untuk kegiatan produktif rata-rata 86.46%,
kegiatan tidak produktif rata-rata 3.24% dan kegiatan pribadi rata-rata 10.30% yang
dimana hasil kegiatan produktif lebih tinggi menyebabkan pembagian tugas atau
jobdesk para petugas mengalami overload untuk mengatur waktu kerja para petugas
mengerjakan pekerjaan nya dengan menggunakan skala prioritas yang dimana
pekerjaan yang berhubungan langsung dengan data pasien rawat jalan akan
didahulukan, dan pekerjaan laporan setiap hari seperti laporan WA, laporan IGD harus
didahulukan. Hasil perhitungan tenaga dengan metode WISN didapatkan jumlah
tenaga petugas Rekam Medis adalah 6 petugas, pada saat ini hanya berjumlah 3 petugas
dengan Ratio 0.5 (kekurangan petugas). Dari hasil penelitian ini disarankan kepada
Manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya Duren Tiga Jakarta Selatan perlu
adanya pertimbangan untuk penambahan tenaga petugas di Unit Rekam Medis
sebanyak 3 orang sesuai dengan beban kerja yang ada.