Abstrak
Kesehatan lingkungan sekolah merupakan upaya yang bertujuan untuk meningkatkan, mewujudkan dan mengembangkan derajat kesehatan siswa secara optimal. Namun, masih banyak diantara siswa yang belum peduli dengan permasalahan lingkungan secara sungguh-sungguh sehingga belum terwujud dalam tindakan nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan,sikap,dan peraturan dengan tindakan siswa kelas VIII di SMPN 24 Tangerang dan SMPN 28 Tangerang.Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua siswa kelas VIII di SMPN 24 Tangerang dan SMPN 28 Tangerang dengan jumlah sampel sebanyak 245 siswa. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dengan instrumen kuesioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan siswa di SMPN 24 Tangerang dalam kategori tinggi sebesar 67,6%, memiliki sikap positif 53,7%, memiliki tindakan kurang baik sebesar 51,5%, menyadari adanya peraturan sekolah sebesar 82,4% dan pada SMPN 28 Tangerang pengetahuan tinggi sebesar 58,7%. Memiliki sikap positif sebesar 53,2%, memiliki tindakan kurang baik sebesar 76,1, menyadari adanya peraturan sekolah sebesar 70,6%. Terdapat hubungan antara sikap dengan tindakan mengenai kesehatan lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII di SMPN 24 Tangerang(Pvalue 0,027) dan SMPN 28 Tangerang (Pvalue 0,011) tahun 2020. Diharapkan kepada pihak sekolah dapat terus memotivasi dan mengedukasi para siswa mengenai kesehatan lingkungan baik itu melalui poster, penyuluhan, ataupun program-program lingkungan yang lainnya.