Abstrak
Pendidikan Inklusi merupakan kesempatan anak yang mengalami kesulitan dalam belajar untuk dapat mengenyam pendidikan yang sama dengan anak lainnya, dalam hal ini pasti ada kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pendidikan inklusi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar Negeri Serdang 01 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian kali ini. Dari hasil penelitian yang didapatkan adalah pada sekolah ini belum terdapat guru pendamping khusus dalam pelayanan anak berkebutuhan khusus, dan guru pengampu Pendidikan Agama Islam yang bertugas disekolah tersebut juga belum mendapatkan pelatihan khusus. Dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di sekolah inklusi tidak jauh berbeda dengan yang berlaku di sekolah umum, hanya saja ada modifikasi di dalamnya.