Abstrak
Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Akidah, dan peserta didik kelas XI IPS-2. Objek penelitian adalah MAN 22 Jakarta di kelas XI IPS 2. Data dikumpulkan dengan metode observasi langsung, partisipan, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan prosedur, yaitu (1) identifikasi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan (verivikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Audio Visual dapat digunakan untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa dalam melihat dan mendengarkan apa yang sudah dijelaskan oleh guru, karena proses Media Audio Visual tersebut dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi ketika pembelajaran akidah dalam bentuk ?menjelaskan makna?. Model Audio Visual ini juga melatih siswa untuk belajar berani mengemukakan pendapat, saling menghargai, dan melatih siswa untuk menanyakan yang tidak mengetahui kepada guru.