Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui yang mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan nasabah tabungan haji di Bank DKI SYARIAH, khususnya di cabang.
Faktor yang akan dianalisis diantaranya adalah Kualitas produk dan kualitas pelayanan, dan
kepuasanan nasabah sebagai variabel independen.
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling,dengan menyebar kuesioner kepada responden dan menggunakan teknik purposive
sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 99,70 responden yang pernah
melakukan tabungan haji. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda
dengan tingkat signifikansi 0,05. Metode analisis yang digunakan yaitu metode kuantitatif
diantaranya uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, koefisien
determinasi, uji F, uji t dengan alat analisis SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Haji Pada Bank DKI Syariah Cabang Wahid Hasyim.
0.000 < 0.05.Hal ini menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan
terhadap Kepuasan Nasabah Syariah 0.000 < 0.05.Hal ini menyatakan bahwa Kualtas Produk
dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan produk
tabungan Haji di Bank DKI Syariah 0.000 < 0.05. Secara bersama-sama variabel Kualitas Produk
dan Kualitas Pelayanan berpengaruh simultan terhadap keputusan penggunaan tabungan Haji,
dapat dilihat bahwa nilai F hitung pada sebesar 53.773 dengan tingkat signifikansi 0.000 (kurang
dari 0,05).