Abstrak
Media sosial menawarkan beragam tujuan bagi para penggunanya termasuk dapat digunakan sebagai upaya pengenalan diri kandidat dalam kampanye politik kepada khalayak luas. Bagaimana manajemen kesan yang ditampilkan Sandiaga Uno dalam akun instagram @sandiuno pada kampanye Pilpres 2019 periode 21 Januari ? 21 Maret 2019 menjadi fokus dalam penelitian ini. Manajemen kesan yang diteliti mengulas tentang tampilan Sandiaga Uno di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage). Penelitian ini berpijak dari teori Dramaturgi Erving Goffman (1959) yang menjelaskan tentang konsep diri dan pengelolaan kesan (impression management) yang ditampilkan di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage). Kemudian dilengkapi dengan penerapan lima taktik manajemen kesan Joness & Pittman (1982) yaitu ingratiation, self promotion, exemplification, intimidation dan supplication untuk memudahkan individu dalam mengidentifikasi dan menerapkan proses manajemen kesan yang dilakukan oleh diri atau orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan analisis isi kualitatif. Data yang diperoleh berbentuk foto & caption Instagram @sandiuno periode 21 Januari ? 21 Maret 2019 dalam Kampanye Pilpres dan dikategorikan berdasarkan taktik manajemen kesan Joness dan Pittman yang dianalisis berdasarkan temuan data front stage dan back stage Sandiaga Uno. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun instagram @sandiuno menerapkan empat taktik manajemen kesan Joness & Pittman dalam setiap postingannya yaitu ingratiation, self promotion, exemplification dan supplication. Sandiaga Uno menampilkan penampilan yang selaras dan tidak bertolak belakang antara front stage dan back stage yaitu selalu menampilkan dirinya sebagai sosok yang positif, berpengalaman, low profile, dan peduli untuk meraih simpati masyarakat Indonesia. Pengelolaan kesan yang selaras antara front stage dan back stage tidak lepas dari bantuan serta kerjasama Sandiaga Uno dan tim sukses di belakangnya yang terlibat dalam mengelola kesan sekaligus mengontrol perkataan dan sikap Sandiaga Uno agar selaras ketika tampil di depan khalayak maupun dalam postingan di instagram