Abstrak
Program Demen Makan merupakan program acara yang menyajikan acara kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi yang akan diterapkan oleh produser dalam menigkatkan kecintaan penonton terhadap kuliner melalui program acara Demen Makan di Trans TV. Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivisme. Konsep dalam penelitian ini menggunkan teori manajemen strategi Peter K. Pringle dalam memproduksi sebuah program acara yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, peneliti memilih observasi partisipatif. Wawancara, peneliti memilih wawancara mendalam dengan Key Informant, Informant 1 dan Informant 2 kemudian disertakan dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan praktek yang terjadi di lapangan melalui manajemen strategi, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang diterapkan oleh produser Demen Makan dalam upaya meningkatkan kecintaan penonton program dan terbukti bahwa adanya meningkatkan rating setelah diterapkannya sebuah strategi baru terhadap program acara Demen Makan di Trans TV.