Abstrak
Internet membuat alternatif untuk penggunanya dapat mendistribusikan video dalam sekala besar dibandingkan melalui media konvensional, salah satunya yaitu YouTube. Khalayak media massa Indonesia pun sekarang banyak yang sudah beralih ke YouTube daripada televisi. Pada platform ini pengguna tidak hanya dapat mengakses berbagai konten dari kreator YouTube saja melainkan bisa mengakses program televisi favorit juga. Sering dijumpai acara televisi trending di YouTube, hal ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang menikmati acara TV namun hanya platformnya saja yang berbeda. Oleh karena itu, banyak industri TV yang memanfaatkan YouTube untuk mengambil kembali pasarnya salah satunya yaitu stasiun TV iNews. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pemanfaatan media sosial YouTube sebagai alternatif penayangan program televisi oleh iNews. Teori yang digunakan yaitu teori Media Baru. Teori media baru merupakan sebuah teori yang dikembangkan oleh Pierre Levy yang mengemukakan bahwa media baru merupakan teori yang membahas mengenai perkembangan media dari konvensional ke era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan studi kasus dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan YouTube oleh iNews sebagai suatu strategi pemasaran untuk membangun brand awareness supaya iNews makin terdengar oleh penikmat televisi dan masyarakat luas. Setelah brand awareness tercapai diharapkan jumlah penonton akan bertambah baik di televisi maupun di YouTube iNews. Selain itu, dengan tayangan yang diunggah di YouTube dapat mendatangkan pengiklan sehingga menambah profit untuk iNews.