Abstrak
Globalisasi telah mendorong timbulnya persaingan yang sangat kompetitif dalam dunia jasa pendidikan. Perguruan tinggi saling berlomba untuk mengembangkan seluruh potensi dan kemampuannya guna menarik minat calon mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA pun mendapatkan persaingan dari perguruan tinggi lainnya. Oleh karena itu, untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya Tim Biro Promosi dan Admisi UHAMKA mengelola manajemen komunikasi agar proses komunikasi dalam hubungannya dengan orang lain dan lingkungan sekitar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dari situlah penting nya perguruan tinggi perlu menyusun manajemen komunikasi untuk memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020 Konsep dan teori dalam penelitian ini yaitu Komunikasi, Elemen Komunikasi, Fungsi Komunikasi, Proses Komunikasi, Model Manajemen Komunikasi Michael Kaye, Manajemen Komunikasi ( POAC ), dan Teori . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan manajemen komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA dibagi menjadi 4 tahap yaitu planning, organizing, actuating, controlling. Oleh karena itu pengelolaan manajemen komunikasi menggunakan fungsi POAC maka Tim BPA sudah melakukan kegiatan membangun dan mengelola hubungan antar tim untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.