Abstrak
Pendidikan anak berkebutuhan khusus pada dasarnya sama seperti pendidikan anak pada umumnya yang dirancang secara khusus untuk mengubah perilaku sasaran kelompok tertentu ke arah yang lebih baik. Sasaran atau komunikan disini adalah siswa-siswa Down Syndrome. Berbagai kondisi anak dengan segala kekurangannya merupakan hal yang wajar oleh karnanya pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuahan dan kemampuan yang bisa dikelola oleh anak, bukannya anak yang harus menyesuaikan kecepatan dan keinginan guru, karena setiap anak khususnya disekolah luar biasa masing-masing memiliki daya tangkap dan pemahaman yang berbeda tidak bisa disama ratakan. Pembelajaran yang difokuskan pada kebutuhan anak lebih efektif dan mengutungkan semua pihak terlebih lagi bagi si anak. Down Syndrome adalah kelainan kromosom,yang mempengaruhi 1 di antara 650-700 bayi yang baru lahir. Dalam kebanyakan kasus itu terjadi karena kromosom ketiga dari 21 hadir di semua sel tubuh (trisomy 21). Hampir di semua suku di temukan anak-anak dengan Down Syndrome. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif, di mana penelitian ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta maupun sifat-sifat tertentu mengenai Komunikasi Instruksional Guru dengan Siswa Down Syndrome pada Sekolah Menengah Pertama di SLB Kembar Karya Pembangunan III, Bekasi. Saran dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenenai Komunikasi Instruksional yang dilakukan guru dengan siswa-siswa Down Syndrome dalam proses pembelajaran di SLB Kembar Karya Pembangunan III, Bekasi.