Abstrak
YouTube sebagai new media, merupakan platform video online dengan real time ke segala penjuru dunia baik gratis maupun berbayar melalui web tersebut. Sejak tahun 2004, vlog atau video blog merupakan jenis konten yang digandrungi oleh pengguna YouTube. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui ?Bagaimana Konsep Cantik Dalam Vlog Tutorial Make Up di YouTube Nanda Arsyinta??. Penelitian ini menggunakan teori representasi untuk melihat representasi cantik yang ditampilkan oleh Nanda Arsyinta melalui make up-nya dan konsep kecantikan perempuan Indonesia. Dengan metode analisis isi kualitatif, yakni meneliti dokumen berupa teks, gambar, simbol dan sebagainya. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kecantikan dalam vlog Nanda Arsyinta pada video tutorial make up adalah kecantikan sebagai keseimbangan yakni penerimaan, rasa syukur dan percaya diri yang diupayakan dengan merawat tubuh yang telah dikaruniakan kepadanya. Representasi kecantikannya adalah berkulit cerah/putih, mata besar, pipi tirus/kecil, hidung kecil dan mancung, bibir tipis, dan kulit yang mulus dan putih. Nanda Arsyinta mengikuti standar kecantikan yang masih diyakini oleh masyarakat Indonesia, bahwa kulit yang cerah dan putih merupakan tampilan yang cantik dan menunjang kepercayaan diri. Nanda Arsyinta juga mengikuti make up dan kecantikan di era digital 4.0 guna memenuhi permintaan penonton dan mengeksplor kemampuannya dalam bermake-up di channel miliknya