Abstrak
Skripsi ini membahas tentang manajemn komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen dan evaluasi manajemen komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta dalam upaya peningkatan mutu sekolah Muhammadiyah merespon kebijakan zonasi. Penelitian ini mengacu pada teori cutlip, Center and Broom Methode dimana dalam melakukan manajemen komunikasi menggunakan 4 langkah yaitu, analisis komunikasi perencanaan komunikasi, aksi komunikasi dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode triangulasi data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini penulis memperoleh data: pertama, mengenai pelaksanaan komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta terindikasi kurang baik. Kedua, adanya faktor penghambat dalam pelaksanaan komunikasi di Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta, diantaranya kurangnya koordinasi dan sosialisasi, adanya perbedaan domisili, terdapat aktivitas lain dan kesibukan di luar majelis, adanya keterlambatan atau dalam penerimaan pesan, dan kurangnya pemahaman seorang komunikan. Ketiga, usaha yang dilakukan Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta untuk mengatasi adanya faktor penghambat dalam pelaksanaan komunikasi. Hasil penelitian ini menyarankan kepada Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta untuk dapat menjalin serta membangun komunikasi secara efektif, hal ini dimaksudkan supaya tujuan ? tujuan dari komunikasi serta yang berkaitan dengan tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.