Abstrak
Ulfa Caesarah, Pengaruh Pengetahuan Dan Kepercayaan Pedagang UMKM Terhadap Minat Mengajukan Pembiayaan Di Bank Syariah. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan dan kepercayaan terhadap minat pedagang pasar jaya cipulir mengajukan pembiayaan di perbankan syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dari pedagang pasar jaya cipulir sebanyak 2883 pedagang dengan pengambilan sampel sebanyak 97 orang sebagai responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan metode sampling incidental. Hasil dari penelitian ini, dalam uji t variabel pengetahuan nilai t-hitung sebesar 8,040 dimana lebih besar dari pada t-tabel yaitu 1,98472 serta koefisien regresi beta sebesar 0,658 dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. kepercayaan t-hitung sebesar 3,071 dimana lebih besar dari pada t-tabel yaitu 1,98472 serta koefisien regresi beta sebesar 0,6251 dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji f dengan menunjukkan bahwa minat pedagang pada f-hitung diperoleh sebesar 143,789 dimana lebih besar dari pada f-tabel yaitu 3,09 dengan tingkat sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai pada uji koefisiensi deteminan (R2) menjelaskan pengaruh pengetahuan dan kepercayaan terhadap minat pedagang mengambil pembiayaan di perbankan syariah sebesar 74,3%, sedangkan sisanya 25,7% dijelaskan dengan faktor-faktor lain.