Abstrak
Kepergian seorang mahasiswa dari kampung halaman untuk mendapatkan pendidikan dapat dilihat sebagai inisiatif yang bersangkutan untuk melakukan perubahan diri guna mencapai tujuan yang dicita-citakannya. Lingkungan dan budaya yang berbeda ditempat yang baru dapat menjadi tantangan tersendiri yang bisa jadi berpengaruh pada pencapaian perubahan diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dua variabel yaitu tipe kepribadian (Big Five Personality) dan kecerdasan budaya (Cultural Intelligence) terhadap inisiatif pertumbuhan diri (Personal Growth Initiative) pada mahasiswa perantau. Penelitian ini melibatkan 175 mahasiswa/i perantau berusia 17-25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cultural Intelligence memiliki pengaruh signifikan sebesar 31,3% terhadap Personal Growth Initiative (R2=0.313, p<0.01). Diantara 5 tipe kepribadian Big Five, Neuroticism dan Agreeableness diketahui tidak berpengaruh terhadap Personal Growth Initiative. Sementara, tipe kepribadian Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism dan Openness to Experience bersama-sama dengan Cultural Intelligence memberikan pengaruh signifikan terhadap Personal Growth Initiative masing-masing sebesar 43,2% (R2=0.432, p<0.01), 28% ( R2=0.280, p<0.05), 37,9% (R2=0.379, p<0.05), 20,9% (R2=0.209, p<0.05), dan 49,3% (0.493, p<0.01).